Ada di Bali! Negeri Kabut dalam Cerpen Seno Gumira Ajidarma. Harus Ke Sana Tahun Ini!

Mekkah-Madinah, Asia Tenggara, dan lokasi antimainstream di Indonesia. Kira-kira tiga jenis tempat itulah yang akan masuk ke dalam rencana perjalanan saya tahun 2019. Khususnya setelah membaca Negeri Kabut karya Seno Gumira Ajidarma (SGA), keinginan itu makin ribut minta segera dipenuhi. Saya menebak-nebak. Jangan-jangan, Negeri Kabut terinspirasi dari Desa Pinggan, di pegunungan Kintamani, Bali. Sebab mirip Selengkapnya tentangAda di Bali! Negeri Kabut dalam Cerpen Seno Gumira Ajidarma. Harus Ke Sana Tahun Ini![…]

Rencana Besar 2019: Naik Pesawat Untuk Pertama Kalinya!

Saya sampai bikin itinerary khusus buat persiapan naik pesawat! Antara antusias dan sadar diri yang bedanya tipis banget, saya merasa wajib bikin itinerary┬ákarena akan terjadi satu babak sejarah baru dalam hidup saya pada 2019, yakni naik pesawat! Walaupun nggak tahu juga mau ke mana ini kok pake acara naik pesawat segala. Yaaa… pokoknya naik pesawat Selengkapnya tentangRencana Besar 2019: Naik Pesawat Untuk Pertama Kalinya![…]

5 Kota Di Pulau Jawa yang Pernah Ditinggali

Saya adalah orang introvert yang ngakunya hobi jalan-jalan. Bukan jalan-jalan ke berbagai tempat di seluruh Indonesia dan dunia, tapi jalan-jalan sendiri. Hobi jalan-jalan sendiri. ­čśÇ Saya baru nyadar juga ternyata nggak banyak kota yang saya sambangi selama ini. Khususnya yang ditinggali. Cuma ada lima dan itu mainstream semua. Pengin gitu tinggal di daerah yang orang-orang Selengkapnya tentang5 Kota Di Pulau Jawa yang Pernah Ditinggali[…]

Kalau Kutu Buku Traveling, Beginilah Isi Ranselnya

Sebetulnya saya agak geli mengistilahkan diri sendiri sebagai kutu buku. Sebab saya nggak pinter-pinter juga sampai sekarang meski maniak baca buku sejak kelas 2 SD. Dan merasa nggak menghabiskan bacaan sebanyak temen-temen saya di klub buku yang lebih gila-gilaan lagi jumlah dan ragam bukunya. Kayaknya saya lebih cocok disebut penyuka aja. Menyukai segala sesuatu yang Selengkapnya tentangKalau Kutu Buku Traveling, Beginilah Isi Ranselnya[…]

Inilah Tempat Makan Favorit Si Foodie Abal-abal

Kalau lapar, yang diperhatikan pertama adalah tempatnya bersih, bisa minta menu tanpa mecin, protein karbo serat terpenuhi dalam satu porsi, kenyang, selesai. Nggak ada foto-foto, catat nama resto, perhatikan varian menu. Nggak ada. Kalau jalan-jalan, yang saya lakukan betul-betul menikmati pemandangan. Ngobrol sama penduduk sekitar tentang cerita apa aja di balik lokasi wisata yang dikunjungi. Selengkapnya tentangInilah Tempat Makan Favorit Si Foodie Abal-abal[…]

Kampung Sembilangan, Wajah Pesisir, dan Ide-ide Tulisan

Begitu minibus mulai memasuki jalanan kecil dengan pemandangan sawah, empang, dan sungai di kanan kiri, yang saya ingat pertama kali adalah novel. Proyek novel berlatar pedesaan di lereng Merbabu yang ditulis sejak 2013, ternyata sampai sekarang tak kunjung selesai karena penulisnya terlalu malas menekuni proses riset yang demikian panjang dan melelahkan. Melalui perjalanan ini, akhirnya Selengkapnya tentangKampung Sembilangan, Wajah Pesisir, dan Ide-ide Tulisan[…]

Unik dan Lucu! Ini Pertama Kalinya Ikut Acara Blogger di Ashley Hotel Jakarta

Ini betul-betul jadi pengalaman pertama saya ikut acara blogger yang ternyata, hidupnya sungguh luar biasa buat saya ketawa. Disaat pembicara cuap-cuap, audiens hampir semua lihat layar ponselnya masing-masing. Kesannya, sombong betul ini orang-orang tidak mendengarkan pemateri sama sekali, justru sibuk utak-atik ponsel. Buka media sosial pula! Uniknya Dunia Para Blogger Ternyata, memang demikian blogger kalau Selengkapnya tentangUnik dan Lucu! Ini Pertama Kalinya Ikut Acara Blogger di Ashley Hotel Jakarta[…]

Rencana-rencana Pasca Ramadhan 2017 #2

Abis chit chat sama sahabat. Yah, standar ciwi-ciwi, ngobrol ini itu seputar suasana hati. Kalo lagi dalam keadaan ga baik, saya pilih dapur jadi destinasi. Masak, bersihin kulkas, motong sayuran, rajang aneka bawang abis itu ditempelin ke mata biar semua tangis kesedihan keluar secara total. Halah halah. And voila! Kalo kata Julie di film Julie Selengkapnya tentangRencana-rencana Pasca Ramadhan 2017┬á#2[…]