Aktif Ngeblog Sejak 2010, Apa Sih Serunya Blogging?

Saya kenal blog sejak 2008. Waktu itu bareng temen, saya ikut seminar tentang optimalisasi blog supaya produktivtas menulis kita terpacu. Dulu belum zaman SEO, jadi nggak ada tuh istilah dapat duit dari blog. Kalau nggak salah inget sih gitu ya. Apa salah inget? :/

Lalu mulai bikin blog tahun 2010 pakai platform blogspot, buat konsumsi pribadi awalnya. Eh, kok ya ketauan aja sama temen kampus. Cowok pula. Akhirnya pindah blog ke wordpress dan mulai nulis untuk dikonsumsi publik. Ya gimana dong ya. Dipikir-pikir, masak bikin blog cuma buat diri sendiri. Kok kayaknya nirfaedah banget. Sayang.

Sejak 2010 itulah sampai sekarang alhamdulillah masih awet. Ini blog tercinta yang pertama banget dibuat dan sangat monumental www.sekarsekarsekar.wordpress.com Di situ kelihatan banget perubahan tulisan saya yang awalnya sangat culun sampai lumayan enak dibaca (((lumayan))) 😀 Lalu, atas alasan profesionalitas dan pengin gaya-gayaan, saya pindah ke domain pribadi www.diajengsekar.com

Betapa bodohnya saya, seharusnya saya bikin ulang akun WP dari awal untuk domain pribadi itu. Lha ini saya malah pakai blog lama disinkronkan dengan blog baru (domain pribadi) maksudnya supaya gampang login dan kalau sewaktu-waktu mau balik ke blog lama bisa tinggal login dari blog baru.

Eh ternyata, jackpot! Nggak bisa! Ihik… ihik…

Kalau mau pakai blog lama, saya mesti batalkan sinkronisasi itu dan nanti hasilnya domain baru nggak bisa dipake. Semacam, mesti milih salah satu gitu lhoo. Padahal kan, blog lama pengin saya samperin lagi T____T Keliatan banget nggak sih akutu wanita yang susah move on???? :”(

Ngeluhnya udahan.

Sejak 2010 itu sampai detik ini, saya terus aja ngeblog dan nggak bisa berhenti (meskipun unggah tulisannya masih males-malesan) karena beberapa alasan;

1. Dibaca orang

Nulis blog kalo bukan buat dibaca orang, kira-kira buat apa? Oh ya, buat pamer ya. Pamer kekayaan macam Atta. Kapaaan kira-kira saya bisa bersedih dan mengeluh, “Duh kebanyakan duit nih, gimana ya cara ngabisinnya?”

2. Bisa jalan-jalan ke blog orang (Blog Walking/BW)

Di blog kan ada follow-followan gitu ya kayak media sosial Facebook, Twitter, Instagram. Dari situ saya bisa follow blog lain dan blogger itu ngefollow saya balik trus kami saling berkunjung dan baca cerita apa aja di blog yang dikunjungi. Sering nemu cerita seru, lucu, sedih, macem-macem. Asyik ini. Saya bisa semalaman mantengin laptop BW ke sana-sini. Dapet ilmu iya, hiburan juga.

3. Bagi ilmu dan pengalaman

Pengalaman hidup orang seringkali jadi pelajaran buat yang lainnya. Yekan yekan? Ada aja referensi yang bisa diambil meski cuma satu dua hal yang mungkin aja kita butuhkan untuk diaplikasikan.

4. Penilaian (berhubungan sama pekerjaan)

Beberapa kali tulisan saya dinilai dari blog, lalu saya lolos dapat pekerjaan karena kata si perekrut, tulisan saya bagus (woooooooo!!!). Buat yang terjun di dunia literasi, penting sih punya blog. Wajib lah kalau pengin punya portofolio dan bukti bahwa kita bisa nulis yang bener, bukan cuma nulis status.

5. Curhat

Saat males nulis buku harian ala konvensional yang mungkin aja gampang ilang, rusak dimakan rayap, menuhin rak di rumah, mesti menganggarkan duit buat beli kertas/notes beserta pulpen dan tipe-X nya kalo sewaktu-waktu habis. Udaaah… paling cepet, murah, meriah, bisa kesimpen banyak, nggak makan tempat, ya blog. Gitu aja.

6. Dapet temen banyak

Akibat saling follow tadi, BW, lalu kenalan, ketemuan, eh jadi temen deh. Ada juga yang dapet jodoh dari ngeblog :3 Orang yang suka ngeblog gini pasti ada komunitasnya. Dari situlah cinta terjalin (eyaa eyaa).

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018

3 tanggapan pada “Aktif Ngeblog Sejak 2010, Apa Sih Serunya Blogging?

Apa pendapatmu? :)